Layanan Dalam Bimbingan Dan Konseling , Layanan Orientasi

Apa itu layanan orientasi dalam BK ???
Layanan ini diberikan kepada peserta didik baru maupun lama serta pihak-pihak lain untuk mengenal dan memahami keadaan dan situasi yang ada pada lingkungan sekolah secara umum agar peserta didik dapat dengan mudah menyesuaikan diri sebagaimana materi yang diberikan.
bimbingan dan konseling

Pengertian Orientasi Menurut para Ahli 
Menurut Drs. Tawil
    Layanan orientasi ditujukan bagi siswa baru dan pihak lain guna pemahaman dan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah yang baru dimasuki
Menurut Prayitno
    Layanan konseling yang memungkinkan klien memahami lingkungan yang baru dimasukinya untuk mempermudah dan memperlancar berperannya klien dalam lingkungan baru tersebut

Tujuan Layanan Orientasi
~ Agar peserta didik dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru secara tepat dan memadai.
~ Untuk memberikan pengenalan  kepada murid – murid tentang kegiatan dan situasi pendidikan yang akan ditempuhnya.
~ Layanan orientasi diharapkan dapat mencegah timbulnya permasalahan penyesuaian siswa dengan pola kehidupan sosial, belajar, dan kegiatan lain di sekolah yang berkaitan dengan keberhasilan siswa.





Fungsi Layanan Orientasi
Fungsi Pemahaman
    Membantu siswa untuk mengenal dan memahami diri dan lingkungannya secara total. Sehingga peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam penyesuiaan diri dengan dunia yang akan ditempuhnya.
Fungsi pencegahan
    Upaya agar peserta didik terhindar dari berbagai permasalahan yang mungkin timbul, yang dapat menggangu dan menghambat proses perkembangannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Layanan Dalam Bimbingan Dan Konseling , Layanan Orientasi"

Post a Comment