TIPS MENJADI SEORANG KONSELOR YANG BAIK DAN DISEGANI SISWA

Konselor adalah  yang bertanggung jawab memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik disekolah. konselor pendidikan merupakan salah satu profesi yang yang termasuk kedalam tenaga kependidikan seperti yang tercantung dalam UU RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional maupun UU tentang Guru dan dan Dosen.
logo konselor
Untuk menguasai menjadi konselor harus memiliki 4 Kompetensi Konselor :

1. Kompetensi Paedagogik
artinya seorang konselor haruslah menguasai materi atau tahu nantinya apa yang akan diberikan oleh siswa. Tidak asal seenaknya masuk kelas tanpa materi. Ingat seorang konselor bukanlah guru mapel . Melainkan seorang pembimbing yang akan mengarahakan pada siswanya untuk menjadi lebih baik.

2. Kompetensi Kepribadian
   Betul sekali seorang konselor harus memiliki pribadi yang sehat. Sebelum menyelesaikan masalah siswa hendaknya konselor menyelesaikan masalahnya sendiri. Tidak memiliki beban dan tetap ramah terhadap siswa maka siswa akan semakin senang. Dan tentunya kamu sebagai konselor akan mendapatkan hati di anak didik. Jaadi berkepribadian yang sesuai norma dan adat kebiasaan disana. Ingat yang positif. Berakhlak muliya dan bertakwa terhadap Tuhan.
Baca Juga >> Konselor ? apa itu


3. Kompetensi Sosial
  Konselor harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tidak memandang bulu serta dalam bergaul konselor akan menjadi hangat dan nyaman. Tetap bergaul terhadap guru dan murid, karyawan ,serta kepala sekolah yang baikpula. selalu aktifdalam lingkungan kegiaatan sekolah. Melakuakan hal yang baik dalam sosial. serta paling penting mampu dan mudah beradaptasi terhadap kondisi sekolah.

4. Kompetensi Profesional
yang terakhir ini harus konselor profesional. Bisa diandalkan 24 jam bagi kebutuhan siswa. Rasa bangga akan siswa yang sukes pertanda kalian adalah konselor yang baik. Saat menjadi konselor yang baik maka hal yang perlu dimiliki adalah soft skill dan hard skill konselor. Soft Skill disini adalah kemampuan yang dimiliki dari psikisnya artinya dalam sosial, berhubungan dengan lingkunga. Dan Hard Skill memilik kelebihan dan kemampuan dalam menyusun dan mengembangakan program BK disekolah.

Berikut tadi adalah sedikit Ulasan tentang Cara agar menjadi konselor yang sukses.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENJADI SEORANG KONSELOR YANG BAIK DAN DISEGANI SISWA"

Post a Comment