A. PENGERTIAN
Bantuan yang diberikan
kepada individu untuk menguasai kemampuan atau kompetensi (konten) tertentu melalui kegiatan belajar. Kompetensi adalah kualitas seseorang atau
kecocokan seseorang yang bisa
ditampilkan untuk keperluan tertentu. Layanan ini merupakan istilah baru dari
layanan pembelajaran yang telah diartikan
seperti pengajaran yang dilakukan oleh guru.
B.TUJUAN
Umum : agar
terkuasainya konten atau kompetensi tertentu serta menambah pemahaman,
mengarahkan sikap dan kebiasaan tertentu, memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalahnya.
Khusus:
Fungsi pemahaman adalah Memahami konten/kompetensi yang diperlukan.
Fungsi pencegahan adalah
Konten yang dipelajari akan mengarahkan individu kepada terhindarinya dari
masalah
Fungsi pengentasan adalah
Penguasaan konten diarahkan untuk mengatasi masalah yang sedang dialami
Fungsi pengembangan dan
pemeliharaan adalah Penguasaan konten akan m engembangkan individu dan memelihara potensi yang
dimilikinya.
Fungsi advokasi adalah Individu dapat membela diri terhadap ancaman atau pelanggaran terhadap
hak-haknya.
C.KOMPONEN
Konselor
Tenaga ahli yang
menyelenggarakan layanan dengan
menggunakan berbagai modus dan media yang ada. Konselor juga menguasai konten yang menjadi isi layanannya.
Individu
Seorang atau sejumlah
individu yang memerlukan layanan Konten .Satu unit materi yang menjadi pokok layanan
atau pelatihan yang diberikan oleh konselor.
D.PENDEKATAN DAN TEKNIK
Konselor hendaknya
mengembangkan dua nilai proses pembelajaran yaitu:
High-touch berupa Kewibawaan,
kasih saying, keteladanan, pemberian
penguatan, tindakan tegas yang mendidik.
High-tech berupa Materi belajar (konten), metode, alat bantu belajar,
lingkungan belajar, dan penilaian hasil.
Hebaaattt . Informasi yang sangat bagus ini 😃
ReplyDeleteOke Nurul semoga bermanfaat
ReplyDelete